Selasa, 23 April 2013

PERPANJANGAN KTP YANG RIBET

Gue pengen berbagi pengalaman aja masalah pelayanan KTP di kantor kecamatan di daerah gue yang jauh dari yang seharusnya. ini pertama kalinya gue ngurus KTP di kecamatan, dulu pas awal kan kolektif, jadinya gue ga ngurusin sendiri. Dan e-KTP gw belum jadi, so gue perpanjangan KTP biasa.

Tadi pagi gue datang ke kecamatan di daerah gue dengan membawa beberapa berkas yang dibutuhin buat perpanjangan KTP. Pas gue dateng, loket yang tulisannya pelayanan KTP tutup. Akhirnya gue masuk ke kantornya, ternyata semua urusan perpanjangan KTP lama dialihkan ke dalam kantor. Pas gue masuk, gue bingung mesti ke mana cos semua pegawainya lagi pada asyik ngobrol, ga ada yang nyadar gue masuk ke dalem. Pas gue ngedeketin salah satu meja (si ibu-ibu gitu), awalnya dia ga merhatiin gue, pas gue mo duduk di kursi depan mejanya, akhirnya si ibu ngelihat gue. Seharusnya sebagai pegawai kecamatan yang biasanya disebut sebagai civil servant, si ibu nyapa gue dan nanyain apa keperluan gue, misalnya, " Selamat pagi dik, ada kepeluan apa?" atau "ada yang bisa saya bantu?" gitu kan? Tapi si ibu itu malah diem aja sambil ngelihatin gue dari ujung kepala ampe ujung kaki dengan muka sinis kayak bilang "Mo minta sumbangan ya?" Gue pun duduk dan langsung bilang mo perpanjangan KTP tanpa nunggu dia tanya (klo nunggu dia nanya kayaknya ampe sore juga ga bakal ditanya dah). Dia pun diem aja ga bilang apa-apa. Gue langsung nyodorin syarat-syarat nya aja (terus terang gw juga bete abis). Trus si ibu nulis-nulis gitu dan ngasihin secarik kertas sambil bilang, " Tunggu aja, ntar dipanggil buat foto." Akhirnya gue keluar dan duduk di depan ruang foto. 

Sambil nunggu foto, gue baca kertas yang dikasihin si ibu tadi. Di situ tertulis tanggal pengambilan 2 minggu lagi. Ya kali??? padahal gue udah tanya ke mana-mana yang namanya perpanjangan KTP tu langsung jadi ga ada sejam, kagak pake nunggu berhari-hari bahkan ampe berminggu-minggu. And GRATIS kalo belum telat. Klo telat bayar 35 ribu. Dan KTP gue belum expired alias belum telat. Harusnya ga didenda and langsung jadi kan??? Akhirnya habis foto gue tanya ke si bapak yang bagian bikin KTP. Si bapak bilang jadinya ya sesuai ama tanggal yang tertulis di kertas itu. Gue bilang bukannya perpajangan KTP tu langsung jadi? dan lo tahu apa jawaban si bapak itu???? "Kan KTP nya belum telat dik, ya jadinya 2 minggu. Kalo udah telat ya sehari langsung jadi." WHAATTT?????? Masuk akal ga sih kata-kata dia? Mana ada peraturan kayak gitu. Yang ga telat malah di lama-lamain, yang telat malah langsung jadi. Dunia kebalik ga sih?? Mentang-mentang yang telat bayar 35 ribu, trus langsung dibikinin. Belum telat juga KTP gw umurnya tinggal sehari. Klo 2 minggu lg jatohnya sama aj kaleeee...
Bokap gue yang nemenin gue protes. Mana ada aturan kayak gitu? Orang peraturannya langsung jadi kok! Trus si bapak itu nanya, emang mo dipake ya, KTP nya? (Ya iyalah, emangnya bikin KTP cuma buat menuh2in koleksi kartu di dompet? Please deh). Akhirnya si bapak itu bilang, tunggu aja, saya buatin sekarang. Akhirnya gue nunggu and ga ada setengah jam tu KTP udah jadi dan ga perlu nunggu ampe 2 minggu.

Begitulah kisah pelayanan di kantor kecamatan. Perpanjangan KTP sebenarnya bukanlah hal yang ribet. Tapi pelayanannya yang amat sangat kurang baik membuat masyarakat menjadi males melakukannya.Pegawai kecamatan yang seharusnya memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat malah seenaknya dan membuat masyarakat ga nyaman. Apakah itu sikap yang patut ditunjukkan oleh seorang civil servant yang digaji ama pemerintah untuk melayani masyarakat??? Gue rasa itu sangatlah memalukan dan mesti ditindaklajuti. Bagaimana negara bisa melayani rakyat dengan baik jika hal-hal kecil seperti itu tidak bisa dilakukan dengan baik? 

1 komentar:

  1. mbak,
    kemarin syarat buat penpanjangnya bawa apa aja ya?
    daripada aku disuruh bolak-balik sama orang kelurahan.

    tq

    BalasHapus